tamansurgabwi@yahoo.com

Kawah Ijen, Pesona Blue Fire Yang Hanya Ada Dua di Dunia

Kawah Ijen, Pesona Blue Fire Yang Hanya Ada Dua di Dunia

 

Api Biru di Gunung Ijen, Jawa Timur, kerap diburu para petualang utamanya bagi mereka yang gemar fotografi. Sayangnya Api Biru Gunung Ijen yang hanya ada dua di dunia yakni di Indonesia dan Eslandia, tak selalu muncul setiap saat. Fenomena gas yang keluar dari gunung belerang dan bercampur oksigen ini menampilkan bentuk layaknya lidah api berwarna biru. Inilah yang dikenal dengan Blue Fire.

 

Blue Fire sendiri merupakan reaksi dari gas bumi ketika bertemu oksigen pada tingkatan tertentu. Hasil dari reaksi ini terlihat seperti api yang berwarna biru. Karena keindahannya, Gunung Ijen menjadi salah satu destinasi yang rajin dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

 

Untuk memulai pendakian melalui pintu utama Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA) yang terletak di Desa Banyusari. Pintu utama ini baru dibuka pukul 01.00. pendakian hendaknya dimulai pukul 01.00 untuk mengejar si api biru ini. Pasalnya kemunculannya hanya sebentar, kurang dari satu jam sebelum berganti pagi.

 

Fenomena blue fire ini hanya terjadi pada musim kemarau. Jika di musim hujan, api biru cenderung kecil dan ‘malu-malu’ untuk menampakkan diri. Hujan membuat pendakian menjadi lebih sulit karena jalur yang dilalui menjadi basah dan sangat licin.

 

Tak Hanya Blue Fire

 

Kawah Ijen juga merupakan danau asam terbesar di dunia. Setelah menikmati blue fire, para wisatawan dapat menikmati kawah yang telah menjadi danau dengan warna hijau tosca yang indah. Kawah tersebut terbentuk dari beberapa kali erupsi yakni tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Kedalama danau asam ini berkisar 200 meter.

 

 

Sunrise di Kawah Ijen.

 

Gunung Ijen bisa dicapai dari dua jalur. Bisa dari banyuwangi ataupun bondowoso. Bila melewati kota Bondowoso, kita akan disuguhi keindahan pemandangan perkebunan kopi yang berada tepat di lereng gunung. Kita juga bisa singgah di Air Terjun Banyupahit. Dinamakan Banyupahit karena sumber mata airnya berasal dari Kawah Ijen yang mengandung belerang, sehingga airnya terasa pahit. Disana kita bisa menikmati udara segar dan sejuk dari hutan Cemara yang berada di sekitar lokasi air terjun Banyupahit.

Kalau melalui Banyuwangi kita akan melewati Kecamatan Licin. Kontur jalannya yang cukup terjal dan berbatu membutuhkan perhatian ekstra. Jadi, sebaiknya menggunakan ataupun menyewa kendaraan jenis jeep double gardan. Pemandangan di jalur ini cukup gersang karena jalur ini sering dilewati truk pengangkut belerang.

 

Paket Wisata Kawah Ijen

PT. Taman Surga Tour and Travel

Jl. Borobudur No. 2 Banyuwangi, Jawa Timur

 

Office           : (0333)411106

Marketing      : 08113040337 (call, sms, whatsapp)

Email            : tamansurgabwi@yahoo.com

 

Follow juga medsos kami

Facebook      : Tamansurga Bwi

Instagram      : @tamansurga_bwi

 

Taman Surga

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *