tamansurgabwi@yahoo.com

Taman Nasional Baluran, Afrikanya Indonesia

Indonesia yang memiliki banyak sekali kekayaan alam dan budaya menjadikan Negara kita ini juga mempunyai banyak taman nasional. Nah, jika berbicara mengenai taman nasional, di Jawa Timur terdapat sebuah taman nasional yang terkenal dengan pemandangan alamnya, yaitu Taman Nasional Baluran.

 

Baluran merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Baluran merupakan sebuah taman nasional yang memiliki padang savanna terluas di pulau Jawa lho…

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Apa yang menarik di Taman Nasional Baluran?

Banyak orang mengira jika Taman Nasional Baluran hanyalah sebuah padang savanna biasa, padahal selain padang savanna, di Taman Nasional Baluran juga terdapat hutan mangrove, pantai, dan gunung karena memang Taman Nasional Baluran ini terdiri dari beberapa tipe vegetasi seperti sabana, hutan mangrove, hutan pegunungan bawah, hutan musim, dan hutan pantai.

 

Banyak yang menjuluki Taman Nasional Baluran sebagai Little Africa in Java, atau Afrikanya Indonesia, karena padang savananya mirip di benua Afrika. Di padang savanna ini hidup banyak sekali jenis hewan, seperti banteng, rusa, kera, hingga merak, pemandangan yang biasa kita jumpai ketika melihat padang savanna di Afrika melalui tv maupun foto.

 

Taman Nasional Baluran juga memiliki 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan sekitar 444 jenis tumbuhan seperti Asam Jawa, Gadung, Kemiri, Gebang, Api-api, Kendal, Salam, Kepuh, dan masih banyak lagi.

Sumber: banyuwangibagus.com

Sesuai julukannya, ternyata Taman Nasional Baluran juga memiliki suhu yang bias dibilang cukup panas, dengan temperature sekitar 27-30 derajat celcius, tak jauh berbeda dengan padang savana di afrika.

 

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25.000 hektar, dengan padang savanna sekitar 10.000 hektar, tak heran jika tempat ini disebut sebagai padang savanna terluas di pulau Jawa.

 

Taman Nasional Baluran ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

Kawasan inti seluas 12.000 Ha,

Kawasan hutan/rimba seluas 5.537 Ha (perairan 1.063 Ha dan daratan 4.574 Ha),

Kawasan pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha,

Kawasan pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha,

Kawasan rehabilitasi seluas 783 Ha.

 

Di sini terdapat 2 spot foto yang sedang viral, yaitu savana bekol dan pantai bama.

Sumber: https://domeytrav.wordpress.com/2018/08/28/savana-bekol-afrika-di-ujung-timur-jawa/

 

Jika musim hujan, rumput di savana bekol akan berwarna hijau, namun jika musim kemarau, rumput akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Nah, ketika musim kemarau inilah kamu akan merasakan suasana dan pemandangan layaknya di padang savana afrika.

 

Sedangkan Pantai Bama hanya berjarak sekitar 3KM dari savana bekol, sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai kita akan menjumpai kawanan kera. Sesampainya di Pantai Bama, kita akan disambut hamparan pasir putih dan jernihya air laut. Selain itu di dekat Pantai Bama juga terdapat hutan mangrove. Pantai Bama juga cocok untuk snorkeling dan bermain kano. Taman bawah laut di sini tak kalah eksotis dengan spot snorkeling lainnya.

 

Di pantai bama juga dapat menyaksikan sunrise yang indah. Tentunya kamu harus menginap terlebih dahulu. Ada camping ground yang telah disediakan yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda.

 

Di taman nasional ini juga sudah tersedia akomodasi berupa penginapan. Sayangnya tidak ada restoran di sini sehingga disarankan membawa perbekalan makanan sebelum masuk area wisata ini.

 

 

Pantai Bama Sunset

 

Pantai Bama Underwater

Paket Wisata Explore Baluran

Taman Surga Tour and Travel

Jl. Borobudur No. 2 Banyuwangi, Jawa Timur

Office           : (0333)411106

Marketing      : 08113040337 (call, sms, whatsapp)

Email            : tamansurgabwi@yahoo.com

 

Follow juga medsos kami

Facebook      : Tamansurga Bwi

Instagram      : @tamansurga_bwi

 

Taman Surga

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *